Cubic Startup Class: Startup Funding & Valuation

Cubic Startup Class: Startup Funding & Valuation



Cubic Startup Incubator telah menyelenggatakan Startup Class yang bertema “Startup Funding & Valuation” yang berlangsung pada 21 September 2019 di Workspace 53 Bandung. Acara ini bertujuan untuk mengetahui informasi penting terkait funding dan valuation bagi startup. Pada acara ini disampaikan oleh Wahyu Eko Widodo selaku CEO Cubic.


  Materi yang disampaikan Wahyu yaitu mengenai bagaimana entrepreneur mengukur valuasi dari startup yang sedang dijalani. Ada empat macam valuasi yaitu valuasi tahap awal, valuasi tahap berkembang, valuasi tahap exit dan perubahan valuasi. Ke empat valuasi ini memiliki beberapa metode perhitungan yang hampir mirip. Wahyu menambahkan bahwa dalam melakukan pengukuran valuasi tersebut memerlukan metode yang meliputi Metode Comparable, Discounted Cash Flow, Valuasi Metode Berkus, dan Metode Scorecard. Materi selanjutnya mengenai perubahan valuasi dan saham yang terdiri dari valuasi pre money, valuasi post money dan dilusi saham. Pengertian valuasi pre money adalah harga dari sebuah startup sebelum mendapatkan investasi dan valuasi post money yaitu harga sebuah startup setelah mendapatkan investasi. Dilusi saham yaitu penyusutan persentase kepemilikan saham dari suatu pihak yang disebabkan oleh penerbit saham baru.


 Di sesi terakhir, Wahyu menjelaskan tentang materi “how to get funding?”. Beberapa tips funding yang harus dilakukan oleh startup. Tips yang pertama adalah startup harus memiliki tim yang memiliki satu visi misi yang sama dalam pengembangan startup. Tips kedua adalah total addressable market sebuah startup, tips selanjutnya yaitu traction dari sebuah performa bisnis startup yang sedang dijalankan. Tips keempat adalah transformatif, yang mana startup membuat dan menawarkan suatu produk atau jasa yang memiliki keunikan tersendiri. Tips kelima adalah teknologi yang digunakan dalam pengembangan startup dan yang tips terakhir yaitu timing tepat dalam membuat suatu produk yang akan ditawarkan ke market. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada pembicara untuk mendapatkan berbagai insight dan tips dari pembicara. Acara cubic startup talk ini memberi wawasan kepada startup tetang

bagaimana cara untuk menghitung valuasi sebuah startup yang sedang dijalani.


  • Share: