Mau bikin startup tapi bingung caranya? Simak tips berikut ini

Mau bikin startup tapi bingung caranya? Simak tips berikut ini


Oleh : Annisa Alifia Ulfah

Bicara soal startup memang gak pernah ada habisnya. Dua tahun terakhir ini media - media mainstream penuh dengan berita tentang startup unicorn di Indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak dan perusahaan lainnya yang sukses mendapatkan dana dalam jumlah yang besar dari investor. Kesuksesan startup tersebut menginspirasi orang-orang agar membuat startup. Dan sekarang ini banyak kalangan muda berlomba – lomba untuk membuat startup. Tapi tak bisa dipungkiri selain kesuksesan startup, ada juga beberapa startup yang tidak bertahan dan gagal. Menurut Forbes, 90% startup akhirnya gagal. Membangun startup bisa dikatakan tidak mudah. Perlu tips yang harus dilakukan agar startup terus berkembang. Oleh karena itu, sebelum merintis startup ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:


1. Ide bisnis.



Jika kamu sudah memiliki ide yang cukup bagus untuk memulai bisnis startup, maka kamu perlu kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan ide tersebut. Kamu bisa berdiskusi dengan entrepreneur lain untuk saling bertukar pikiran mengenai bisnis yang mau kamu keangkan.


2. Membuat rencana bisnis.


 


Membangun suatu bisnis tidaklah mudah, maka dari itu perlu membuat rencana yang matang. Tidak mungkin buat bisnis tanpa tujuan yang jelas, maka dari itu buatlah renca bisnis. Hal itu akan membantu startup berproses dengan terencana dan memiliki tujuan-target jelas yang harus dicapai. Sehingga, ketika suatu tujuan-target tercapai, bisa mengembangkan startup untuk mencapai tujuan lain dengan target yang lebih tinggi.


3. Tentukan target pasar.



Sebelum membuat produk bisnis, kamu perlu membuat analisis target pasar yang dituju. Buatlah target pasar dengan sangat detail untuk memudahkan produk yang akan kamu jual sesuai dengan target pasar.


4. Perhatikan kualitas produk.



Produk yang bagus tidaklah cukup. Kamu perlu memerhatikan apakah produk itu memang dibutuhkan oleh masyarakat dan mempunyai value yang bagus? Untuk menjawabnya kamu perlu bertanya kepada konsumen agar mendapat feedback langsung. Jika ternyata produkmu masih kurang. Ini artinya, kamu perlu mengembangkan kualitas produk untuk menyesuaikan kebutuhan. Point pentingnya adalah jadikanlah produkmu sebagai solusi bagi masyarakat.


5. Memiliki tim yang positif.



Jika ingin mencapai target yang besar, maka dibutuhkan tenaga yang besar pula, baik secara kuantitas maupun kualitas. Mengajak orang-orang yang positif dan ahli dalam bidang tertentu agar membuat tim work yang baik. Hal terpenting mereka harus memiliki visi-misi yang sama untuk mencapai tujuan dan mengembangkan bisnis startup kamu.


6. Memelihara budaya bisnis perusahaan.


Perusahaan atau bisnis harus memiliki budaya yang kuat di dalamnya. Maka dari itu, bentuklah budaya yang terbaik menurut dan untuk semua orang yang ada di dalam bisnis startup yang sedang berjalan. Hal itu diperlukan, supaya terbentuk karakter yang baik.

Memiliki bisnis startup adalah impian banyak orang. Hanya saja masih banyak orang yang bingung untuk memulai bisnis. Saat kamu sudah memiliki sumber daya dan ide, segeralah mulai. Semakin cepat kamu memulai, semakin besar kesempatan kamu memenangkan balapan. Agar dapat menciptakan kredibilitas bisnis startup-mu, buatlah traction yang jelas agar bisnis startup lebih siap bersaing di era digital saat ini.



  • Share: