Memanfaatkan TikTok Buat Promosi Bisnis

Memanfaatkan TikTok Buat Promosi Bisnis


Belakangan ini TikTok sedang digandrungi semua kalangan, baik anak muda sampai orangtua. TikTok adalah platform media sosial dalam bentuk video dimana durasinya sekitar 15-60 detik dengan menawarkan filter-filter yang menarik. TikTok sudah berhasil mencapai angka 2 miliar kali diunduh dan memiliki lebih dari 1000 juta pengguna. Indonesia menjadi negara ke tiga jumlah unduhan terbanyak. Terlebih di masa pandemi ini pengguna TikTok semakin banyak karena aplikasi ini menarik untuk menunjukan kreativitas dan hiburan.


Banyak bisnis sekarang yang memanfaatkan TikTok untuk memasarkan produknya, karena bisa menjangkau audiens lebih banyak terutama kalangan muda. Salah satu kelebihan dari TikTok adalah memiliki banyak fitur dan efek yang memudahkan bagi para pelaku bisnis untuk melakukan promosi. Tentunya semakin kreatif konten yang dibuat maka akan bisnismu pun akan semakin dikenal, terlebih konten tersebut bisa di like, comment dan share oleh banyak orang.


Tiga hal penting yang harus diperhatikan pelaku bisnis dalam membuat konten TikTok:


1. Storytelling

Jika kamu menggunakan platfrom TikTok maka kamu dituntut untuk lebih kreatif dan berkreasi untuk membuat konten yang menarik dan unik. Kamu bisa membuat cerita menarik tentang awal mula bisnismu, mengenalkan produk baru dan memberikan tips dan trick bisnis.


2. Trend

Keuntungan menggunakan TikTok untuk memasarkan bisnis karena adanya trending. Dengan adanya hastag dan trending ini tentunya akan memudahkan pemasaran dan membantu menaikan iklan. Cara agar kontenmu bisa masuk trending yaitu dengan membuat konten dengan hastag yang lagi viral. Kamu bisa membuat hastag yang berkaitan dengan bisnismu sehingga bisa mendorong interaksi dan keterlibatan dengan pengguna lain. Semakin banyak pengguna lain yang melihat dan menyukai kontenmu maka semakin besar peluang videomu muncul di beranda TikTok. Tentunya akan semakin banyak yang tertarik melihat produkmu.


3. Challenge

Salah satu cara agar videomu menjadi viral yaitu dengan mengikuti challenge. Pengguna TikTok dianjurkan untuk membuat konten challenge yang seru, kamu bisa mengajak karyawan dan costumer untuk mengikuti challenge tersebut. Dengan adanya konten challenge ini bisa memudahkan dalam memasarkan produk dan bisa menggaet pengguna TikTok menjadi costumer baru.


Salah satu istilah TikTok yang perlu kamu ketahui yaitu FYP. FYP merupakan singkatan dari "For You" Page adalah laman yang muncul saat pertama kali kamu membuka aplikasi tersebut. Laman ini menunjukkan konten-konten dari pengguna lain yang direkomendasikan untukmu. Konten seperti apa yang dititur di dalam FYP? Berikut ini penjelasannya:


1. Buatlah video yang kreatif dan berkualitas tinggi

2. Buatlah video yang singkat namun tujuannya jelas

3. Jangan lupa tambahkan hastag di videomu

4. Pakai musik yang sedang viral di TikTok

5. Ikuti trend yang sedang diminati

6. Buat caption yang related sama video

7. Selalu berinteraksi dengan pengguna TikTok lain


Nah, itulah 7 cara yang bisa kamu terapkan agar video yang kamu buat bisa difitur di FYP. Perlu diketahui bahwa mungkin tak semuanya berhasil karena algoritma setiap orang berbeda-beda. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi TikTok ini untuk mempromosikan bisnis dan kamu harus rajin mengeksplor untuk mengetahui cara mana saja yang berhasil untukmu.


  • Share: