3 POIN UTAMA YANG DILIRIK INVESTOR DARI BISNISMU

Sesuai dengan judulnya, artikel kali ini akan membahas Tiga poin penting dari sudut pandang investor pada bisnismu sebelum dia memberikan pendanaannya. Hal-hal inilah yang harus sangat diperhatikan bagi para startup yang ingin melakukan pengajuan modal tambahan pada investor agar lulus pada penilaian mereka.


Hal pertama adalah Produk. Kamu harus memahami kekuatan dan nilai dari produkmu. Adanya hal yang unik dan juga manfaat yang dihasilkan dari produk ciptaanmu akan menjadi nilai plus yang pasti akan menarik perhatian investor. Produk yang dihasilkan pun tidak perlu terlalu canggih. Hal yang paling utama adalah produk tersebut dibutuhkan oleh masyarakat sebagai konsumennya. Sudah adanya nilai interaksi yang dihasilkan produk terhadap konsumen, apalagi terjadinya pembelian, menjadi penilaian utama investor terhadap produk tersebut.


Yang kedua adalah perkembangan dari produk tersebut. Investor pastinya akan lebih tertarik jika produk yang kamu hasilkan tidak mentok menjadi produk yang hanya itu-itu saja. Semakin banyak produk turunan yang dapat kamu tawarkan dari produkmu, semakin besar peluangmu di mata investor untuk mendapatkan pendanaan. Itu dikarenakan produkmu dinilai mempunyai daya kembang yang tinggi dan perencanaan di masa depan sehingga punya kehidupan yang panjang.


Terakhir adalah orang di balik layar. Hal ini menjadi konsen tersendiri bagi investor. Karena mau bagaimana pun, bisnis dijalankan oleh orang-orang dibalik layarnya. Jika mereka mempunyai karakter dan background yang bagus, investor kemungkinan akan percaya dan mencoba investasi dengan kamu.


Itu dia 3 hal utama yang akan dinilai dari bisnismu oleh para investor. Bagi kamu yang lagi bingung apa yang harus kamu tonjolkan saat melakukan pitching idhadapan investor nanti, mungkin kamu bisa mulai dari tiga poin diatas dahulu. Good Luck!


  • Share: