CUSTOMER JOURNEY MAPS, SUDAHKAH KAMU MENERAPKANNYA DALAM BISNISMU?

CUSTOMER JOURNEY MAPS, SUDAHKAH KAMU MENERAPKANNYA DALAM BISNISMU? (PART 1)


Kamu ingin customermu mendapatkan pengalaman menarik dan berbeda saat menggunakan produkmu? Atau ingin mengetahui apa saja poin yang dapat menggaet customer dan bagaimana cara terbaik untuk mengimplementasikannya? Membuat Customer Journey Maps adalah jawabannya!


Sebelumnya, apa sih arti dari Customer Journey? Inti dari Customer Journey adalah berbagai motif yang terjadi saat customer melihat berbagai produk yang disediakan penjual, sampai akhirnya dia menentukan pilihan dan melakukan transaksi.


Customer Journey Maps sendiri adalah sebuah teknik untuk memahami motif-motif yang dialami customer tersebut. Mulai dari keinginan, keraguan, dan juga kebutuhan customer kamu. Naah, dengan membuat Customer Journey Maps pada bisnis kamu, otomatis akan mempermudahmu untuk melihat apakah produk yang kamu hasilkan sudah tepat sasaran dan tepat guna atau belum. Berikut ini 8 alasan lain kenapa sih Customer Jurney Maps penting diterapkan dalam bisnismu.


1. Dengan membuat pemetaan, kamu akan mengetahui apa saja hal yang terjadi dalam proses customer journey.


2. Dengan mengetahui apa saja yang terjadi pada customer journey, kamu dapat dengan cepat menganalisis dan mencari solusi untuk hal-hal yang menjadi rintangan bagi customer dalam melakukan transaksi.


3. Dapat membantumu untuk membangun customer conversion rates yang baik dengan cara meminimalisir pengalaman negatif yang mungkin dialami customer saat menentukan pilihan.


4. Memperbaiki customer retention.


5. Mengetahui customer experience dalam berbagai channel dan fokus pada salah satunya.


6. Memahami secara detail matriks yang dibutuhkan dalam mengidentifikasi kemajuan dalam mendekati customer dan titik dimana mereka tidak jadi menggunakan produkmu. Hal ini bisa menjadi acuan bagaimana membawa mereka kembali ke produk kalian.


7. Membantu bisnismu dalam menentukan prioritas tindakan dalam strategi mendapatkan costumer.


8. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing media yang digunakan dalam mendaptkan costumer.


Nah itu tadi 8 alasan kenapa Costumer Journey Maps penting untuk bisnis kalian, di artikel berikutnya kita akan bahas lebih detail bagaimana konsep dasar dari Costumer Journey Maps dan bagaimana cara membuat CJM yang sesuai untuk bisnismu.


  • Share: