CUSTOMER JOURNEY MAPS, SUDAHKAH KAMU MENERAPKANNYA DALAM BISNISMU? (PART 2)

Melanjutkan artikel sebelumnya yang juga membahas tentang customer journey, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara untuk mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam customer journey. Ada 2 research yang biasa dipakai, yaitu analytical research dan anecdotal research.


1. Analytical Research

Untuk jenis research ini, analisis dari website adalah salah satu cara yang paling gampang dan memberikan banyak informasi yang dibutuhkan. Social media pun sangat membantu dalam penilaian customer. Akan tertapi data-data yang didapatkan dari analisis website harus tetap diteliti lebih mendalam karena terkadang dapat mengecoh. Selain itu, kita juga dapat melakukan survei untuk membangun gambaran yang lebih rinci tentang pertanyaan, permasalahan, perasaa, dan motivasi customer.


2. Anecdotal Research

Anekdot pengalaman pengguna dibutuhkan untuk data lebih mendetail tentang apa yang dirasakan oleh customer. Data ini didapatkan dari wawancara langsung kepada customer. Selain itu, sekarang adalah zaman social media dimana customer dapat dengan sukarela memberikan testimonialnya dan diunggah ke social media mereka masing-masing. Pastikan untuk mengumpulkan data-data ini. Staff customer service dibutuhkan untuk kamu yang sudah mempunyai bisnis yang cukup besar agar kebutuhan pelanggan tersampaikan.


Jika research customermu sudah siap, tibalah saatnya untuk memetakannya. Customer journey lebih baik ditampilkan secara infografik, dimana semua orang dengan mudah membaca dan mengerti tujuannya. Atau bisa juga dengan storyboard atau video.


Yang terpenting dari customer journey map adalah harus mengandung bukti statistic dan anekdot yang tadi kamu cari. Peta ini pun harus menjawab kebutuhan, pertanyaan, dan perasaan customer selama interaksi mereka dengan bisnis kita dengan cerita yang sesederhana mungkin agar semua orang dengan mudah mencernanya. Jadi bagaimana? Sudah siap untuk memetakan customer journeymu dan memajangnya di dinding kantor?


source : https://www.sailthru.com/marketing-blog/written-customer-journey-mapping-need-to-know/

  • Share: