Alodokter Memperkenalkan "Alni", Virtual Asisten Berbasis AI

Alodokter Memperkenalkan "Alni", Virtual Asisten Berbasis AI


Startup healthtech Alodokter memperkenalkan asisten virtual berbasis AI bernama "Alni" untuk membantu dokter memberikan analisis dan diagnosis terhadap keluhan penyakit pasien. Alni dilengkapi dengan teknologi Natural Language Processing (NLP) sehingga dapat memahami bahasa sehari-hari dan membedakan puluhan ribu kondisi medis. Alni juga didukung dengan algoritma dan kumpulan data raksasa interaksi percakapan pasien dengan dokter di ekosistem Alodokter. Selain itu, Alni disebut memiliki keterampilan kognitif untuk menentukan tingkat risiko pasien dari minor hingga mendesak.


Chief Medical Officer Alodokter Louise Hewitt menjelaskan, Alni merupakan clinical decision tool yang mampu berinteraksi dengan pasien terkait kondisi kesehatan, sebagai langkah awal konsultasi dan membantu alur kerja dokter dalam penanganan pasien. Hewitt juga menyebut Alni sebagai ChatGPT yang memiliki kemampuan untuk memahami konteks pertanyaan pasien sehingga mempermudah telekonsultasi melalui aplikasi Alodokter.


Alni memastikan pasien dapat mengambil diagnosisnya berdasarkan gejala yang diberikan lewat antarmuka yang kompatibel dengan bahasa manusia, serta mendukung pasien membuat janji temu dengan dokter atau klinik pilihan, semua diverifikasi oleh dokter. Alodokter memastikan setiap percakapan di Alni yang berisi data sensitif pasien, disimpan dan dianalisis dengan aman.


Alni telah berhasil meningkatkan akurasi prosedur medis secara signifikan. Tingkat kepuasan pasien meningkat 15% saat menggunakan Alni dibandingkan konsultasi tanpa asisten ini, dan 100% dokter bekerja lebih efisien dalam memberikan perawatan medis kepada pasien. Kehadiran Alni memberikan tambahan fitur yang sudah dihadirkan perusahaan, yakni kemudahan telekonsultasi dengan dokter, buat janji dokter atau mencari rumah sakit pilihan, belanja kebutuhan kesehatan, akses untuk artikel-artikel kesehatan, dan proteksi kesehatan bersama Aloproteksi. Alni saat ini baru tersedia khusus untuk layanan telekonsultasi.


source : https://dailysocial.id/post/alodokter-perkenalkan-asisten-virtual-telekonsultasi-alni

  • Share: