JOB INSECURITY

JOB INSECURITY

Oleh Annisa Alifia Ulfah


Pernahkah kamu merasakan gak aman dan gak nyaman saat bekerja? Biasanya faktor apa aja sih yang bisa membuat kamu merasa gak nyaman saat kerja? Dan apa yang membuat kamu bertahan atau berhenti dari pekerjaan kamu sekarang?
Coba kamu jawab pertanyaan-pertanyaan di atas.


Jika kamu mengalami ketidakberdayaan untuk mempertahankan kesinambungan yang diinginkan dalam kondisi kerja yang tidak jelas dan adanya berbagai perubahan dalam perusahaan, maka kamu kemungkinan mengalami Job insecurity.

Job Insecurity adalah kondisi psikologis seseorang (karyawan) yang menunjukkan rasa bingung atau merasa tidak aman dikarenakan kondisi lingkungan yang berubah-ubah. Jadi bisa dikatakan seseorang mengalami job insecurity jika ia mengalami ketidakpastian untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan bekerja di suatu perusahaan, atau seseorang merasa fear kemungkinan bisa kehilangan pekerjaan kapanpun.

Karyawan yang mengalami rasa tidak aman yang meningkat karena ketidakstabilan terhasad status kepegawaian dan tingkat pendapatan yang makin tidak menentu. Akibat berbagai perusahan yang terjadi dalam organisasi atau perusahaan yang memungkinkan terancam, gelisah, dan tidak aman karena mempengaruhi kondisi kerja dan kelanjutan hubungan kerja.

Job insecurity sangat berkaitan dengan produktif kerja. Semakin merasa aman dan nyaman seseorang bekerja maka ia akan semakin produktif bekerja, sebaliknya semakin merasa tidak aman dan nyaman seseorang bekerja maka ia akan tidak produktif.
Hubungan pekerjaan dan kondisi mental:


● General condition. Kondisi ini memang kondisi yang umum dirasakan apabila seseorang tidak bekerja dan menyebabkan tidak sehat
● Resting, Kondisimungkin terjadi ketika seseorang telah melewati usia produktif dan merasa sudah saatnya berhenti bekerja dan mulai menikmati hidup. seseorang yang sebelumnya bekerja tetapi tidak bahagia dengan pekerjaannya sehingga akhirnya memutuskan untuk menganggur dalam waktu tertentu. Karena itulah kondisi ini disebut “istirahat”
● Job satisfaction: yaitu kondisi yang cukup umum di mana seseorang sehat dan status bekerja. merasa cukup bahagia dengan profesi, pekerjaan yang sesuai kompetensi dan keinginan, serta didukung lingkungan kantor yang kondusif. meningkatkan performanya.
● Job insecurity: yaitu kondisi saat orang sudah bekerja tetapi merasa tidak aman dan nyaman dengan pekerjaannya.

Seseorang yang mengalami job insecurity akan mengalami dampak:
Jangka panjang: menurunnya job satisfaction, keterlibatan kerja, komitmen organisasi, dan kepercayaan pada pemimpin. Jangka panjang: menurunnya kesehatan fisik, mental: cemas,depresi tinggi turnover.


Berikut ini tips untuk menghindari job insecurity:
●Developing job skill
●Buatlah Target kerja dan berinisiatif
●Menambah value diri
●Bersika masa bodoh
●Cari supporter
●Cari informasi untuk pindah pekerjaan baru


  • Share: