Startup Readiness Level

Startup Readiness Level

image source: seo-websitedesign.com


Saat membantu startup, sangat sulit untuk menilai seberapa jauh sebuah startup telah berkembang, terutama ketika Anda mendasarkan penilaian Anda hanya pada pitch deck yang mengkilap dan angka (imajiner) pada rencana bisnis 5 tahun mereka. Apa yang dibutuhkan adalah kemajuan yang terukur dan berbasis bukti menuju startup yang layak, dengan langkah dan tonggak pencapaian selanjutnya yang jelas.


Startup tidak semuanya mengikuti rute yang sama dan dapat diprediksi, tetapi mereka perlu mencapai tahap yang serupa. Itulah yang dimaksud dengan Tingkat Kesiapan Startup.


Tingkat Kesiapan Startup terinspirasi oleh Tingkat Kesiapan Investasi milik Steve Blank. (Untuk membaca blogpost oleh Steve Blank yang menjelaskan Tingkat Kesiapan Investasi, ikuti tautan ini.) Tentu, investasi bisa menjadi sangat penting bagi startup, tetapi itu bukan satu-satunya hal yang diusahakan oleh startup. Kesiapan Investasi hanyalah bagian dari cerita. Untuk melihat perjalanan yang diambil startup dari perspektif startup, Anda harus memasukkan sisa cerita itu.


Dengan Tingkat Kesiapan Startup sebagai panduan, adalah mungkin untuk melihat kewirausahaan berbasis bukti. Dimungkinkan untuk melacak kemajuan startup melalui berbagai tahap menuju kesuksesan.


Tingkat Kesiapan Startup

Setiap startup dimulai dari level nol, dan menuju level 10 dengan mencapai hasil utama.


1. Tentukan Idenya

Apakah Anda tahu mengapa Anda ingin memulai perjalanan Anda, dan apa yang ingin Anda capai, dan dengan siapa? Apa kriteria desain Anda? Apa visi Anda? Metrik utama: apakah Anda menemukan setidaknya sepuluh orang yang sesuai dengan ide dan visi Anda?


2. Pahami Masalahnya

Apakah Anda benar-benar memahami masalah apa yang ingin Anda pecahkan? Apakah Anda benar-benar mengenal orang-orang yang mengalami masalah setiap hari? Berapa biayanya? Berapa banyak orang yang memiliki masalah ini? Metrik kunci: apakah Anda menemukan setidaknya sepuluh orang yang mengalami masalah ini secara teratur dan peduli dengan masalah yang dipecahkan?


3. Jelajahi Solusi Potensial

Apakah Anda menjelajahi beberapa solusi untuk melihat aspek solusi apa yang penting bagi pelanggan Anda? Metrik utama: apakah Anda menjalankan setidaknya tiga eksperimen dengan setidaknya sepuluh orang masing-masing menguji tiga kemungkinan solusi berbeda untuk melihat mana dan aspek apa yang paling sesuai dengan audiens target Anda?


4. Validasi Produk / Solusi

Dapatkah Anda menemukan pelanggan yang lebih menyukai solusi Anda daripada solusi lainnya? Metrik utama: apakah Anda menemukan setidaknya sepuluh orang yang siap memberikan komitmen untuk menunjukkan bahwa mereka ingin memiliki solusi potensial Anda? Apakah mereka masing-masing bersedia memberikan nama untuk setidaknya dua teman mereka yang juga harus tahu tentang ini?


5. Bangun dan Validasi MVP Lo-Fi

Dapatkah Anda menemukan daya tarik awal, di mana pelanggan pengguna awal siap membayar untuk solusi Anda? Metrik utama: apakah Anda berhasil menjangkau 100 pelanggan sebenarnya untuk menjual produk Anda? Apakah mereka menyukainya? Apakah Anda dapat melayani mereka dan membuat mereka bahagia dan terlibat?


6. Validasi Produk / Kesesuaian Pasar

Dapatkah Anda meningkatkan basis pelanggan Anda, dan menemukan pelanggan dalam jumlah yang cukup untuk membuat bisnis Anda berjalan? Metrik utama: Akankah >70% basis pelanggan Anda benar-benar benci tidak dapat menggunakan produk Anda?


7. Validasi Model Pendapatan

Bisakah Anda menghasilkan uang? Apakah pelanggan menyukai model pendapatan Anda? Metrik utama: apakah Anda dapat meningkatkan profitabilitas sekaligus menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan?


8. Validasi Pengiriman Nilai

Bisakah Anda mengirim dalam skala besar? Metrik utama: apakah Anda dapat mempertahankan tingkat pertumbuhan Anda, membuat pelanggan Anda senang, dan juga meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya di sisi pengiriman nilai?


9. Validasi Pertumbuhan

Bisakah Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan di lebih banyak pasar? Apakah Nilai Waktu Hidup Pelanggan melebihi Biaya Akuisisi Pelanggan? Metrik utama: apakah Anda berhasil menjangkau pasar lain?


10. Capai Tahap Unicorn

Setiap level adalah tahapan yang harus diselesaikan sebelum melanjutkan ke level berikutnya. Terkadang, Anda bisa terjebak pada level tertentu untuk sementara waktu, sebelum mencari cara untuk menghapusnya, seperti di video game yang sulit. Tetapi teruslah berusaha dan mencoba hal-hal baru sampai Anda melewati rintangan itu. Tingkat Kesiapan Startup membantu Anda mengetahui di mana Anda berdiri, dan bagaimana melangkah maju.


Cubic Startup Incubator sebagai sebuah inkubator startup yang telah berdiri sejak tahun 2015, menciptakan CSRL sebagai tools/alat ukur bagi Startup untuk mengetahui level dari Startup dan memberikan rekomendasi funding stage yang sesuai untuk level tersebut baik kepada Startup maupun Investor. CSRL terdiri dari 10 level Startup mulai dari level paling dasar yaitu "Team Founding" sampai ke level "Unicorn Candidate".

Untuk mengetahui Level Startup kamu, coba tools CSRL sekarang juga di sini.



source : https://medium.com/wrkshp/the-startup-readiness-level-dd3c5fb4b451

  • Share: